Bukan Shopee, Hasil Survei Menyatakan eCommers Ini yang Paling Diandalkan UMKM Indonesia


Telkomsel merilis hasil riset Survei Pemanfaatan Pasar Dagang Online (eCommerce) Paling Dipercaya dan Diandalkan oleh UMKM Indonesia 2022 melalui layanan survei digitalnya tSurvey.id pada Jumat (22/08).

“Pasar Online memang sangat dibutuhkan di zaman sekarang ini ya, memang banyak sekali pilihan aplikasi toko online, tapi pasti ada satu yang paling kami andalkan,” Ungkap  Budi (36), salah satu pelaku UMKM yang memanfaatkan eCommers.

Riset pasar ini dilakukan dengan basis smartphone melalui web tSurvey.id, melibatkan sebanyak 1.000 responden dari pelaku UMKM online di seluruh Indonesia yang menggunakan smartphone dengan nomor telepon Telkomsel. Dengan menggunakan metode penyasaran responden yang akurat, Telkomsel manghasilkan hasil survey yang tepat dan tidak secara acak.

Berdasarkan hasil survey, Telkomsel menemukan bahwa platform pasar dagang online yang paling dipercaya oleh para pengusaha UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) di Indonesia untuk aktivitas penjualan online mereka, secara berturut-turut adalah Tokopedia (76%), Shopee (75%), Lazada (19%), Bukalapak (18%), dan Blibli (14%).

Harti (33) salah seorang penjual alat elektronik online di platform Tokopedia, menyatakan bahwa ia lebih sering menggunakan Tokopedia dikarenakan sesuai dengan target pasar yang ia tuju.

“Tokopedia sesuai dengan barang jualan saya yang memiliki harga tidak begitu murah, barang saya akan terlihat terlalu mahal apabila dijual melalui toko online lainnya.”

Berbeda dengan Harti, Budi memiliki alasan tersendiri dalam memilih Tokopedia sebagai eCommers yang paling dipercayanya. Sebagai penjual keripik dan makanan ringan, Budi menyadari bahwa pesaing dalam usahanya ini tidaklah sedikit, sehingga ia harus mmanfaatkan platform yang sesuai untuk mendapatkan pelanggan yang tepat dan sesuai target.

“Di Shopee sudah terlalu banyak yang jual barang serupa dengan saya, karena itu saya lebih memfokuskan penjualan di Tokopedia, dengan harapan dapat meraih konsumen yang berbeda,”

Dalam survey ini, Telkomsel juga menemukan bahwa platform pasar dagang online yang dianggap paling mudah digunakan dalam berjualan online adalah Tokopedia (70%), Shopee (67%), Lazada (12%), Bukalapak (11%), dan Blibli (4%).

Mudahnya penggunaan Tokopedia dalam berjualan online sangat dirasakan oleh para pelaku UMKM. Tak terkecuali Risma (22), seorang admin platform online toko kosmetik di Surabaya. Risma menyatakan bahwa dari banyaknya aplikasi toko online yang ia kelola, Tokopedia memiliki sistem penggunaan yang paling mudah diantara aplikasi lainnya.

“Saya jadi admin toko online sejak dua tahun lalu, dan selama ini menurut saya Tokopedia memang yang paling memudahkan penggunanya dalam mengelola toko,” Ujar Risma.

Risma juga menambahkan bahwa semua platform toko online memang memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing, begitu pula dengan Tokopedia. Selain memiliki kelebihan yang jelas lebih terlihat dibandingkan dengan platform toko online lainnya, Tokopedia memiliki kekurangan dalam kurangnya iklan yang bisa mencapai seluruh lapissan kalangan pengguna smartphone. Hal itulah mengapa pengguna Tokopedia lebih banyak didominasi oleh kalangan dengan umur 25 tahun keatas, dikarenakan banyaknya social media yang telah didominasi oleh platform toko online lainnya.

Berdasarkan survei lebih dalam terhadap platform pasar dagang online Tokopedia, yang mendapatkan persepsi paling positif dari para responden pengusaha UMKM online di Indonesia, beberapa aspek yang dipersepsikan mendukung platform ini hingga unggul dibandingkan para kompetitornya adalah kemudahan penggunaan (70%), fitur-fitur penjualan yang lengkap (68%), layanan pusat resolusi yang baik (66%), fasilitas logistik yang memuaskan (70%), tampilan user interface (UI) yang nyaman (70%), serta sistem pembayaran yang lengkap (73%).




Oleh: Shabrifa Isti Akmaliya (23041184429) 2023U

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Revolusi Pencarian Kos: Mamikos Menggantikan Metode Konvensional dengan Teknologi Canggih

Relevansi pengguna e-book di kalangan pelajar

Anak Muda Berjaya di Dunia Freelance: Kisah Sukses Mahasiswa dalam Meniti Karier Mandiri